-->

See More

Membuat Penghitung Jumlah Gulungan Spull

- 6:01 AM
advertise here
advertise here

Berikut ini adalah trik agar kita dapat menghitung gulungan yang telah kita buat pada saat kita membuat sebuah pickup, cara ini mungkin juga bisa diterapkan dalam penghitungan2 yang lain.

Yang kita butuhkan adalah :
- Penggulung Spul
- Kalkulator
- Kabel secukupnya
- Solder & timah secukupnya
- Sebuah switch/ saklar 

Pertama-tama kita harus membuat sebuah penggulung sendiri baik yang digerakkan dengan sebuah dinamo ataupun yang diputar secara manual. Hal ini mutlak diperlukan karena alat ini juga yang akan kita gunakan untuk menggerakkan saklar yang dihubungkan dengan alat penghitung.

Sedangkan untuk penghitung yang akan digunakan adalah sebuah kalkulator yang sedikit dimodifikasi.

Bagaimanakah cara kerjanya????
Pada umumnya semua kalkulator menyimpan proses penjumlahan yang dilakukan sebelum kalkulator tersebut dinormalkan (AC). Contoh : apabila kita menghitung 2 x 3 lalu kita menekan tombol = maka akan muncul angka 6, dan apabila kita menekan lagi tombol = maka angka 6 tersebut akan dikalikan tiga sehingga muncul angka 18, begitu juga seterusnya.
Hal ini yang akan kita terapkan dalam penghitungan spull yang akan kita lakukan.

Sekarang setelah kalkulator kita hidupkan maka akan muncul angka 0 pada layar, lalu cobalah tekan + 1 dan tekan tombol   =   secara berulang, maka hasil yang muncul dilayar adalah jumlah berapa kali kita menekan tombol   =    tersebut.

Jadi sekarang yang kita usahakan adalah bagaimana agar tombol = pada kalkulator tersebut tertekan / terhubung secara otomatis pada setiap putaran penggulung pada saat kita melakukan penggulungan. 
Hal ini dapat dilakukan dengan sedikit modif pada kalkulator tersebut.
Cobalah membongkar klakulator tersebut dan carilah dimana letak dua kutub yang dihubungkan oleh tombol =. Lalu solder kedua kutub tersebut dengan kabel dan hubungkan dengan switch yang telah disiapkan (gunakan switch yang agak sensitif dan tidak berat ditekan) 


Setelah itu letakkan switch pada penggulung spull yang kita siapkan, dan usahakan setiap putaran switch tersebut tertekan secara sempurna (sekali tiap putaran)




Sekarang saatnya mencoba apakah telah berfungsi dengan baik, hidupkanlah kalkulator dan tekan tombol 0 + 1 lalu putar penggulung spull sampai beberapa kali, apabila pada layar terjadi penambahan angka pada setiap putaran, maka alat penghitung kita telah bekerja dan bisa digunakan.


Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search